Audacity,

Cara Rekaman & Edit Rekaman Di Rumah Menggunakan Audacity Untuk Pemula (Ala Angel)

September 29, 2018 Angela Kustiara 0 Comments

Halo! Apa kabar semuanya?

Angel balik lagi nih, sekarang aku bukan mau review produk skincare, tapi aku mau share cara aku rekaman dirumah, buat cover lagu korea yang selama ini aku upload di Soundcloud dan juga Youtube.

Disini aku mau kasih tau gimana cara aku selama ini cover karena ada banyak pendengar soundcloud aku dan followers IG aku nanya gimana caranya rekaman pakai Audacity. Cara aku rekaman gampang banget, gak ribet, dan pakai alat seadanya, tanpa kamu harus beli tambahan alat lagi. Btw, dulu aku rekaman belum pakai mic condenser, sekarang aku udah pakai. Cara yang aku jelaskan disini adalah cara yang belum pakai mic condenser ya. Karena kalau pakai mic condenser, ada barang tambahan lainnya yang harus kalian beli lagi.

Yang harus kamu persiapkan adalah :

1. Laptop / Komputer
2. Install Audacity di laptop/ komputer kamu
3. Earphone
4. Instrumental dari lagu yang ingin kamu cover (File Mp3)
Done

Serius itu aja alat-alatnya? Iya :) Gampang kan.
Earphone kamu bisa pakai earphone dari handphone kamu cukup kok.

Langkah-langkah :
1. Sambungkan earphone ke laptop/ komputer
2. Buka Audacity



3. Cek di bagian speakers, pastikan yang dipilih adalah output ke earphone kamu
Untuk bagian microphone biasanya aku gak otak-atik lagi, karena microphone yang aku pakai adalah langsung dari laptop-nya. Kalau earphone kalian ada fitur untuk input suara, kalian bisa pilih input suaranya dari laptop atau dari earphone kalian. Kalian coba-coba aja lebih bagus rekam pakai yang mana.



4. Import file mp3. Instrumental yang kalian punya. Instrumental bisa kalian cari di youtube, ada banyak, tinggal kalian download mp3-nya saja. Contoh aku mau cari instrumental lagu Eddy Kim - When Nights Falls, kalian search aja di youtube "Eddy Kim - When Nights Falls Instrumental". ilih satu yang menurut kalian Ok (yang bersih, tidak ada vokalnya), lalu buka Youtube to Mp3 Converter , masukkan (paste) link youtube instrumental yang tadi kamu pilih, pilih start, tunggu sampai 100%, pilih download.



Setelah sudah ada file mp3 dari instrumental-nya, import ke audaity dengan cara pilih File, Import, Audio. Kemudian pilih file mp3 yang sudah kamu download, setelah itu audionya akan muncul di audacity-nya.



5. Tempatkan di awal lagu (detik ke 0, tekan (SHIFT + R) untuk memulai rekaman. Nah disini kalian akan mendengar suara instrumental-nya di earphone kamu. Jadi kamu tinggal bernyanyi seperti biasa saja, seperti lagi karaoke :)



Biasanya kalau aku rekamnya gak langsung 1 lagu full, tapi aku bagi ke beberapa bagian. Biasanya saat kita rekaman juga akan ada sedikit noise dibagian tertentu saat tidak ada vokalnya, hal itu bisa diatasi dengan men-select bagian yang ada noise-nya, kemudian pilih "silence audio selection" yang gunanya adalah menghilangkan suara dari bagian yang tidak diinginkan.





6. Langkah terakhir adalah export ke format mp3.
Pilih File, Export, Export to mp3. Save dengan nama dan tempat save yang kamu inginkan, Pilih OK. Tunggu beberapa saat, dan selesai.

 



Untuk edit-edit suara lainnya aku nggak jelasin disini ya, karena disini baru cara simplenya rekaman. Tapi udah Ok kok kalau mau langsung di import ke mp3. Kalau aku ada waktu, aku akan bikin updated perlatan yang aku pakai untuk rekaman dan cara edit rekamannya supaya jadi lebih rapih dan minim noise.

Kalau kalian ada pertanyaan, kalian bisa tinggalin pertayaan kalian di kolom komentar atau kalau mau cepet, kalian bisa DM aku di Instagram .

Dan inilah hasil dari rekaman aku dengan alat-alat dan cara diatas, yang sudah aku upload ke Soundcloud  :) Monggo di follow soundcloud & youtube channel-ku ya XD




Okay sekian tutorial dari aku, semoga bermanfaat, terima kasih buat temen-temen semuanya yang sudah  membaca, sering-sering mampir di blog ini ya :)

Love,
Angela 

You Might Also Like

0 komentar: